Montessori Dalam Wadah Kurikulum Merdeka : Kunjungan Pembinaan DPC PP-PAUD Kabupaten Bantul di Hanacaraka Edukids Montessori School

DIKPORABANTULNEWS - Proses belajar tidak akan pernah berhenti terhadap siapapun dan dimanapun. Dan belajar tidak selalu berlaku satu arah, hal ini yang terlihat pada hari Kamis (23/11/2023) di wilayah Banguntapan, dimana DPC PP-PAUD Kabupaten Bantul bersama Ibu PAUD Kabupaten Bantul melaksanakan kunjungan Pembinaan sekaligus mengetahui lebih jauh mengenai Hanacaraka Edukids Montessori School. Kunjungan pembinaan ini merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh DPC PP-PAUD Kabupaten Bantul berupa kunjungan ke satuan-satuan pendidikan. 

 

Kedatangan rombongan disambut dengan meriah oleh peserta didik Hanacaraka Edukids Montessori School dengan menampilkan angklung, tari jaranan, dan flashmob. Turut menyambut juga, Ibu PAUD Kapanewon Banguntapan yang dengan penuh kegembiraan menyambut kehadiran ketua DPC PP-PAUD dan Ibu PAUD Kabupaten Bantul. Dalam sambutannya, Ibu PAUD Kapanewon Banguntapan mengungkapkan bahwa kegiatan ini menjadi sebuah motivasi yang sangat penting bagi Hanacaraka Edukids Montessori School karena lembaga ini tergolong baru, dan perhatian dari pemerintah daerah pasti akan mengangkat moral dari satuan pendidikan. 

 

Rombongan DPC PP-PAUD Kabupaten Bantul bersama Ibu PAUD Kabupaten Bantul berkesempatan melihat-lihat berbagai aktivitas yang ada di sana, seperti kelas loose part, kelas montessori, dan rombongan berkesempatan mendemonstrasikan pembuatan makan sehat bagi anak usia dini dalam kelas memasak. Terlihat antusiasme dan kegembiraan pada wajah anak-anak yang mengikuti cooking class tersebut.

 

Dalam kegiatan tersebut, Ketua DPC PP-PAUD Kabupaten Bantul berkesempatan memberikan sambutan kepada peserta yang hadir. Ketua DPC PP-PAUD menyampaikan bahwa makanan sehat harus dikenalkan sejak dini kepada anak-anak. 

 

“Makanan sehat yang tentu saja kaya akan gizi haruslah kita kenalkan kepada anak-anak. Selain karena kandungan yang ada di dalamnya yang amat berguna untuk pencegahan stunting dan mengoptimalkan tumbuh kembang, juga menjadi modal bertumbuhnya kualitas SDM", tegasnya.

 

Puncak acara Kunjungan Pembinaan DPC PP-PAUD adalah talkshow mengenai montessori dengan kurikulum merdeka. Ibu PAUD Kabupaten Bantul yang berkesempatan berbincang dengan pendiri Hanacaraka Edukids Montessori School mengaku sangat kagum dengan proses pembelajaran yang dilaksanakan di tempat ini.

 

“Setelah melihat dan mengamati berbagai kegiatan yang kita laksanakan tadi, saya berpikir seandainya seluruh PAUD di Bantul mampu menerapkan seperti ini. Kita tahu bahwa akar pendidikan kita seharunsya berangkat dari filosofi Ki Hajar Dewantara, dimana pendidikan yang memerdekakan. Dengan adanya kurikulum merdeka, maka mimpi kita untuk memfasilitasi keberagaman anak-anak kita akan dapat terwujud”, ujar Emi.

 

Ibu PAUD Kabupaten Bantul juga mengapresiasi kemajemukan yang dikemas sangat baik oleh Hanacaraka Edukids Montessori School.

 

“Pluralisme merupakan anugerah bagi Indonesia. Maka sikap toleransi memang mesti diajarkan sejak dini”, tandasnya. (RAA)