Wujudkan Penatausaha Keuangan dan Barang Milik Daerah Yang Akuntabel dan Sinergis, Dinas Dikpora Selenggarakan Bimbingan Teknis

DIKPORABANTULNEWS - Dalam rangka penyamaan persepsi di kalangan kepala sekolah terhadap mekanisme penatausahaan keuangan dan penatausahaan barang milik daerah dan juga mewujudkan akuntabilitas dalam penatausahaan keuangan dan penatausahaan barang milik daerah pada unit sekolah, Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penatausahaan Keuangan dan Penatausahaan Barang Sekolah dengan tema “Sinergitas Pengelolaan Keuangan Sekolah Dalam Rangka Mewujudkan Akuntabilitas Penatausahaan Keuangan dan Penatausahaan Barang Milik Daerah”. Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Parangkusumo, Ros-In Hotel ini diikuti oleh seluruh Kepala Sekolah TK negeri, SD negeri, dan SMP negeri se-Kabupaten Bantul.

 

Pelaksanaan kegiatan ini dibersamai secara langsung oleh Drs. Edy Sutrisno, M.Pd., selaku Kepala Bidang SD, Retno Yuli Astuti, M.Pd., selaku Kepala Bidang SMP, dan Kodrad Untoro, S.Sos., selaku Kepala Bidang PAUD dan PNF yang turut menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut. Tidak ketinggalan sebagai salah satu narasumber utama yang hadir, yaitu Kepala BPKAD Kabupaten Bantul.

 

Kegiatan ini dirasa perlu untuk diselenggarakan, dikarenakan seringkali terjadi permasalahan klasik terkait dengan pencairan dan penyerapan anggaran, yaitu penumpukan pencairan anggaran pada akhir tahun. Selain itu, dokumen pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran yang tidak sesuai dengan ketentuan, juga menjadi permasalahan tersendiri dalam penyerapan anggaran yang idealnya harus sesuai target serapan per bulannya. Hal inilah yang menjadi perhatian serius dan diharapkan setelah adanya bimbingan teknis yang berlangsung selama 3 (tiga) hari ini, mulai dari 2 hingga 4 November 2022, kepala sekolah selaku Kuasa Pengguna Anggaran dan juga selaku Kuasa Pengguna Barang dapat mengendalikan pengelolaan keuangan dan pengelolaan BMD di unitnya, sehingga penatausahaan keuangan dan penatausahaan barang sekolah benar-benar akuntabel. (RAA)