Tingkatkan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus di Satuan PAUD, Dinas Dikpora Kabupaten Bantul Selenggarakan Workshop Inklusi PAUD Tahun 2023

DIKPORABANTULNEWS - Dalam rangka memberikan penguatan kepada Pendidik PAUD agar memiliki pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan dalam memberikan layanan yang tepat bagi anak usia dini berkebutuhan khusus untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan membantu menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak usia dini, maka pada hari Selasa sampai dengan Rabu (07 - 08 Februari 2023), Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul menyelenggarakan Kegiatan Workshop Inklusi PAUD Tahun 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 85 pendidik jenjang TK, KB, TPA, SPS se-Kabupaten Bantul.

 

Ibu PAUD Kabupaten Bantul yang hadir untuk membuka kegiatan tersebut sekaligus memberikan materi mengenai “Pentingnya Peran Pendidikan PAUD bagi Anak Berkebutuhan Khusus” berujar bahwasanya apabila guru memiliki identitas dan integritas yang baik, maka seluruh teknik-teknik pembelajaran yang ia kuasai akan membantunya menjalankan tugas.

 

"“Setiap anak terlahir membawa pesan yang berbeda sesuai keunikan potensinya. Allah telah memperhitungkan dengan matang untuk apa seseorang dilahirkan. Apapun kondisinya, Ia adalah sang pembawa amanah yang tak tergantikan. Mari saya mengetuk hati Bapak/Ibu yang hadir di sini untuk kita sama-sama memenuhi panggilan jiwa kita untuk menjadi pendidik yang berintegritas”, ujarnya.

 

Lebih lanjut Ibu PAUD Kabupaten Bantul berpesan bahwasanya guru seharusnya menjadi pribadi yang memiliki etos keguruan. Guru harus bisa menjadi teladan, menjadi sosok yang tidak pernah membeda-bedakan manusia, dan tertanam dalam pikirannya semua anak adalah ladang amal tanpa batas.

 

“Guru harus memilik 8 etos keguruan diantaranya rahmat, amanah, panggilan, aktualisasi, ibadah, seni, kehormatan, dan pelayanan. Guru yang memiliki etos-etos tersebut akan menjadi pribadi yang dikenang oleh seluruh peserta didiknya”, pungkasnya.

 

Selain materi yang disampaikan oleh Ibu PAUD Kabupaten Bantul, kegiatan Workshop Inklusi PAUD Tahun 2023 juga menghadirkan beberapa orang narasumber lain, yaitu Admila Rosada, S.Psi., M.Psi., Psikolog dari Wisesa Consulting, Dr. Sukinah, M.Pd. dari FIPP UNY, Dinar Westri Andini, M.Pd. dari UST Yogyakarta, dan Nuwuningsih, M.Pd. dari KB Inklusi Srawung Bocah. Adapun materi yang disampaikan antara lain, Asesmen ABK PAUD, Penyusunan Program Pembelajaran Individu ABK PAUD, Intervensi ABK PAUD, dan Strategi Stimulasi Sensori Integrasi ABK PAUD. (RAA)