Tingkatkan Kualitas dan Daya Saing, Dinas Dikpora Fasilitasi TK Negeri Dalam Kegiatan Bimbingan Teknis TK Negeri Tahun 2023

DIKPORABANTULNEWS - TK Negeri menjadi satuan pendidikan yang unggul dan dapat bersaing dengan TK swasta seharusnya menjadi suatu keniscayaan. Hal inilah yang mendasari Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul untuk melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) TK Negeri Tahun 2023. Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Kamis hingga Jumat (9 - 10 Maret 2023) dan bertempat di Ruang Pertemuan Bawal Putih, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul ini diikuti oleh 44 (empat puluh empat) peserta, yang terdiri dari 7 (tujuh) Kepala TK dan 37 (tiga puluh tujuh) pendidik dari TK Negeri se-Kabupaten Bantul. Hadir dalam kegiatan tersebut, Ibu PAUD Kabupaten Bantul dan Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul.

 

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul, Drs. Isdarmoko, M.Pd., M.M.Par. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Dikpora menegaskan bahwa keberadaan TK Negeri haruslah mampu bersaing dengan keberadaan TK Swasta. Selain itu, beliau jg menyampaikan program kerja Dinas Dikpora yang akan menambah jumlah TK Negeri di Kabupaten Bantul yang saat ini baru berjumlah 7 lembaga.

 

“Kami dari Dinas Dikpora merencanakan penambahan lembaga negeri khususnya untuk TK. Sebelum itu, kami harapkan Bapak/Ibu dari TK Negeri harus terus belajar dan berbenah agar kualitas TK Negeri meningkat. TK Negeri seharusnya mampu bersaing secara kualitas dengan TK swasta, karena Bapak/Ibu mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah”, tuturnya.

 

Dalam kegiatan tersebut, Ibu PAUD Kabupaten Bantul, Hj. Emi Masruroh Halim, S.Pd., berkesempatan menyampaikan motivasi dan penguatan kepada seluruh peserta yang hadir, melalui materi “TK Negeri Berkualitas”. Dalam materi tersebut, Ibu PAUD menyampaikan target peningkatan layanan yang harus dikerjakan oleh TK Negeri untuk menjadi satuan yang berkualitas.

 

“Bapak/Ibu, mari kita fokuskan perhatian kita terhadap peningkatan kualitas layanan proses pembelajaran dan pengelolaan satuan. TK Negeri harus mampu menyediakan pemenuhan kebutuhan esensial yang unggul dan mengelola sumber daya secara profesional”, ujarnya.

 

Ibu PAUD Kabupaten Bantul juga turut menekankan pentingnya kemitraan antara satuan dan orang tua.

 

“Paguyubah Orang Tua Murid dan Guru harus terus ditingkatkan fungnsinya. Hal ini penting, karena sebagai wadah komunikasi dua arah antara satuan dan orang tua dalam mengintegrasikan proses pembelajaran”, pungkasnya.

 

Adapun materi lainnya yang disampaikan pada kegiatan tersebut antara lain, pembelajaran berdiferensiasi oleh Dra. Yuni Purwati, M.Pd. (Pengawas TK), asesmen pembelajaran oleh Jumiyati, S.Pd. (Pengawas TK), praktik mengajar oleh Nur Azizah, S.Pd., dan modul ajar serta projek penguatan profil pelajar Pancasila oleh Herna Hastuti. (RAA)