Tingkatkan Daya Saing Pendidikan Kesetaraan, Dinas Dikpora Kabupaten Bantul Selenggarakan Bimbingan Teknis Pendidikan Kesetaraan Tahun 2023

DIKPORABANTULNEWS - Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul pada hari Selasa dan Rabu, 20 s.d. 21 Juni 2023 menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pendidikan Kesetaraan Tahun 2023 bagi seluruh satuan pendidikan kesetaraan di Kabupaten Bantul, yaitu SKB maupun PKBM. Kegiatan yang bertempat di Aula Bawal Putih Dinas Kelautan dan Perikanan ini diikuti oleh 52 peserta dan diisi oleh 4 orang narasumber dari BBGP DIY.

 

”Bimtek ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan penguatan kepada pengelola maupun tutor/pamong mengenai IKM, sehingga sehingga mampu menggerakkan dan meningkatkan mutu pembelajaran di satuan pendidikan masing-masing,” demikian dijelaskan oleh Kepala Bidang PAUD dan PNF saat menyampaikan laporan panitia.

 

 

Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul, Drs. Isdarmoko, M.Pd., M.M.Par, ketika membuka acara ini menyampaikan bahwa paradigma pendidikan kesetaraan saat ini sudah bergeser. Dari sekedar lembaga untuk mencari ijazah, menjadi lembaga yang dapat dijadikan pilihan bagi peserta didik dengan latar belakang apapun.

 

“Saat ini pendidikan kesetaraan adalah pilihan yang setara levelnya dengan sekolah formal. Bahkan banyak saat ini kita dengar, orang yang menjadikan pendidikan kesetaraan sebagai pilihan utama ditengah kesibukan bekerja ataupun lomba dan turnamen,” ujar Isdarmoko.

 

Dijelaskannya lebih lanjut bahwa bimtek ini adalah program yang dibuat atas inisiatif oleh Dinas Dikpora Kabupaten Bantul bekerjasama dengan FK PKBM Kabupaten Bantul.  Dari pelaksanaan bimtek selama 2 hari ini, diharapkan peserta dapat mendiseminasikan hasil bimtek kepada tutor atau pamong lainnya. Maju terus untuk pendidikan kesetaraan bermartabat (RAA)