SMPN 1 Pandak Persembahkan Medali Emas bagi Bumi Projotamansari Dalam Ajang FLSSN Tahun 2023

DIKPORABANTULNEWS - Prestasi demi prestasi terus saja dipersembahkan putra-putri Bumi Projotamansari. Terbaru, dalam Ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLSSN) tahun 2023 ini SMP Negeri 1 Pandak berhasil mempersembahkan medali emas, sebagai penyaji terbaik  pada cabang lomba Musik Tradisional. SMP Negeri 1 Pandak lolos menjadi finalis setelah Berhasil menjadi penyaji terbaik di tingkat Kabupaten Bantul dan penyaji terbaik Propinsi DIY, sehingga SMP Negeri 1 Pandak menjadi wakil propinsi DIY dalam perhelatan Grand final FLSSN tahun 2023 bersama sepuluh propinsi yang lain, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Jambi, Kepulauan Riau, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Gorontalo dan Sulawesi Utara serta tentu saja DIY. Sepuluh propinsi tersebut maju Grand Final setelah menyisihkan 28 propinsi lainya di babak penyisihan.  

 

Kreasi Musik Tradisional SMP Negeri 1 Pandak mengusung tema “Laku Dharma”. Tema tersebut mengisahkan tentang perjuangan Ki Hajar Dewantara yang mengubah cara perjuangan meraih kemerdekaan dengan mencerdaskan bangsa melalui jalur pendidikan. Ki Hajar Dewantara menyadari bahwa selama bangsa Indonesia masih mengandalkan perjuangan bersenjata saja maka kemerdekaan sulit untuk dicapai. Maka sejak terjadinya tranformasi perjuangan dengan munculnya organisasi Budi Utomo perjuangan dilakukan melalui organisasi dan sekupnya internasional. Sejarah perjuangan KH Dewantara tersebut digarap apik dalam paduan tembang dan alunan instrument gamelan yang secara ritme mengikuti alur tembangnya, dari ritme halus, rancak semangat dan menurun halus dalam fase akhir.  

 

Dengan pemain musik Sherina: saron dan Vokal, M. Dova: Kendang, saron dan Vocal, Afla:  Sharon,  Siter dan Vokal, Ines:  Bonang, saron, gambang dan vocal, Lalang: Kempul dan gong dibawah Bimbingan Danang Murtiyatno, S.Pd guru seni musik SMP N 1 Pandak Bantul, mereka berhasil membawa harum nama Kabupaten Bantul di ajang bergengsi tahunan bagi siswa-siswi di Indonesia. (RAA)