DIKPORABANTULNEWS - Gelaran Olimpiade TIK dan Informatika Nasional (OTN) 2025 yang berlangsung di Hall 8 ICE BSD, Serpong, Tangerang, Banten, pada 23–26 Oktober 2025 menghadirkan semangat kompetisi tinggi di kalangan pelajar Indonesia. Mengusung tema “Technology for New Era”, ajang ini menjadi wadah bagi siswa dari berbagai daerah untuk menunjukkan kemampuan dan kreativitas di bidang teknologi informasi.
Dalam cabang lomba Membuat Game jenjang SMP, Adhika Mulia Haryanto siswa kelas 7 berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih Juara 2 Nasional. Karya gim ciptaannya berjudul “Quantum Quest”, yang dikembangkan menggunakan aplikasi Builda dalam waktu 14 hari.
Terinspirasi dari gim klasik Mario, Quantum Quest menghadirkan konsep unik, pemain harus menjelajahi dunia digital untuk menemukan bagian-bagian komputer yang hilang dan “menghidupkan kembali” sistem yang rusak. Setiap level menyimpan tantangan logika yang mengajarkan konsep dasar komputer secara menyenangkan.
Adhika menjelaskan bahwa pembuatan Quantum Quest menjadi pengalaman berharga untuk mengasah logika berpikir dan keterampilan pemrograman. “Saya ingin membuat game yang tidak hanya menyenangkan, tapi juga memberikan pesan tentang teknologi dan kreativitas,” ungkapnya.
Ajang OTN 2025 diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai provinsi dan jenjang pendidikan. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan minat dan kemampuan generasi muda di bidang teknologi, sekaligus mendorong lahirnya inovator digital dari kalangan pelajar Indonesia.
Kepala sekolah Lies Arifah, M.Pd. menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya atas capaian tersebut, "Kami sangat bangga atas prestasi yang diraih Adhika. Ini menjadi bukti bahwa siswa kami mampu bersaing di tingkat nasional, sekaligus menunjukkan bahwa kreativitas dan ketekunan bisa menghasilkan karya yang luar biasa,” tuturnya.
