Satukan Tekad Wujudkan Layanan PAUD Berkualitas, Ibu PAUD Kabupaten Bantul Sosialisasikan Transisi PAUD SD Dalam HUT HIMPAUDI

DIKPORABANTULNEWS - Pada hari Kamis (31/08/2023), Ibu PAUD Kabupaten Bantul, Emi Masruroh Halim, S.Pd., berkesempatan menjadi pembicara utama dalam kegiatan Seminar Nasional Dalam Rangka HUT HIMPAUDI dengan tema “Guru Mengajar Dengan Asyik”. Kegiatan yang diikuti oleh 365 anggota HIMPAUDI se-Kabupaten Bantul dan bertempat di Gedung Erlangga ini berfokus kepada perwujudan layanan PAUD berkualitas dan transisi PAUD SD yang menyenangkan.

 

Dalam pemaparannya, Ibu PAUD Kabupaten Bantul menguraikan mengenai program transisi PAUD SD. Menurutnya, transisi PAUD SD merupakan sebuah bentuk adaptasi atau penyesuaian diri anak dengan sebuah lingkungan belajar yang baru.

 

 

“Melalui program ini kita menjamin bahwa seluruh anak mendapatkan hak pendidikan mereka. Anak-anak wajib dibekali dengan kemampuan fondasi yang baik, agar mereka dapat menjadi pribadi yang berkualitas", ujar Emi.

 

Kemampuan fondasi yang Ibu PAUD Kabupaten Bantul tekankan diantaranya, mengenal nilai agama dan budi pekerti; keterampilan sosial dan bahasa; kematangan emosi; pemaknaan terhadap belajar yang positif; pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri; serta kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar.

 

 

“Kemampuan fondasi ini dapat dicapai dengan memilih metode pembelajaran yang menyenangkan, melaksanakan kegiatan asesmen yang menguatkan sikap belajar positif, dan rutin berkomunikasi dengan orang tua melalui laporan perkembangan peserta didik", pungkasnya, (RAA)