Satukan Tekad dan Komitmen, Ibu PAUD Kabupaten Bantul Ajak Ibu PAUD Kapanewon dan Kalurahan Tingkatkan Kapasitas Diri

DIKPORABANTULNEWS - Pada hari Rabu (23/08/2023), Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul bersama Ibu PAUD Kabupaten Bantul, Kelompok Kerja Ibu PAUD Kabupaten Bantul, dan segenap Ibu PAUD Kapanewon dan Ibu PAUD Kalurahan, menyelenggarakan kegiatan Peningkatan dan Penguatan Kapasitas Ibu PAUD Kapanewon dan Ibu PAUD Kalurahan Tahun 2023. Kegiatan yang dilaksanakan di Orang Utan Resto ini diikuti oleh seluruh Ibu PAUD Kapanewon dan Ibu PAUD Kalurahan se-Kabupaten Bantul. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Ketua Pokja Ibu PAUD Kabupaten Bantul, Ibu Dwi Pudiyaningsih Joko Purnomo, S.Sn., dan Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul, Drs. Isdarmoko, M.Pd., M.M.Par.

 

Ibu PAUD Kabupaten Bantul, Ibu Emi Masruroh Halim, S.Pd., yang bertindak sebagai narasumber utama dalam kegiatan tersebut menekankan dan mendorong Ibu PAUD Kapanewon dan Ibu PAUD Kalurahan untuk menyadari posisi mereka di tengah masyarakat.

 

“Saya dan Ibu-ibu sekalian merupakan mesin penggerak di wilayah kita masing-masing. Sebagai seorang Ibu PAUD, kita harus menjadi fasilitator dan mengadakan advokasi ke berbagai pihak agar layanan PAUD berkualitas dapat kita wujudkan,” ungkap Emi Masruroh.

 

Ibu PAUD Kabupaten Bantul juga secara khusus memberikan materi dan penguatan mengenai Program Transisi PAUD-SD yang menyenangkan. Menurut Ibu PAUD Kabupaten Bantul, pembelajaran yang menyenangkan dan bertahap merupakan kunci dari gerakan ini. 

 

“Pembelajaran yang menyenangkan adalah hak anak-anak kita yang harus sama-sama kita wujudkan. Mari bersama kita wujudkan gerakan ini dan kita akhiri konsepsi yang salah di tengah masyarakat, bahwa ketika masuk ke SD, anak-anak harus sudah bisa membaca dan menulis. Setiap anak memiliki hak untuk dibina agar mendapatkan kemampuan fondasi yang holistik, bukan hanya kognitif melainkan juga kematangan emosi, kemandirian, kemampuan berinteraksi, dan lainnya,” pungkasnya. (RAA)