Sambut Tahun Ajaran Baru Dengan Optimisme, Dinas Dikpora Kabupaten Bantul Buka MPLS Secara Serentak

DIKPORABANTULNEWS - Dalam rangka menjalankan amanat perundang-undangan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru, Dinas Dikpora Kabupaten Bantul pada hari Senin (10/07/2023) melaksanakan Kegiatan Pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2023/2024. Kegiatan yang dilaksanakan melalui zoom dan kanal Youtube Bantul TV ini diikuti oleh seluruh satuan pendidikan di Kabupaten Bantul mulai dari jenjang TK, SD, dan SMP sederajat.

 

Dalam laporan pelaksanaan, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul menyampaikan bahwa PPDB Kabupaten Bantul Tahun 2023 telah selesai dilaksanakan dan MPLS menjadi awal pelaksanaan tahun ajaran baru. 

 

“MPLS memiliki beberapa tujuan, antara lain menggali potensi siswa baru, membantu adaptasi siswa di lingkungan pendidikan yang baru, memupuk motivasi belajar, dan membangun interaksi positif antar warga sekolah”, jelasnya.

 

Kepala Dinas Dikpora juga memberikan gambaran materi-materi yang akan disampaikan dan diperkenalkan kepada peserta didik baru.

 

“Materi dalam MPLS telah dirancang dan dikemas sedemikian rupa agar tepat guna dan sesuai dengan tujuan MPLS. Beberapa materinya antara lain projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5), kurikulum, narkoba, dan sekolah ramah anak”, tandasnya.

 

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo. Wakil Bupati Bantul berkesempatan memberikan sambutan sekaligus pengarahan kepada seluruh satuan pendidikan dan peserta didik baru yang hadir dalam ruang daring.

 

“MPLS memiliki dua sisi penting bagi peserta didik. Yang pertama, MPLS menjadi hak peserta didik untuk mengenal dan mengetahui seluk beluk lingkungan pendidikannya. Kedua, MPLS menjadi kewajiban peserta didik yaitu untuk mempunyai rasa memiliki dan menjadikan rumah/tempat tinggal baru bagi peserta didik”, pungkasnya.

 

MPLS ini diikuti oleh 513 TK dengan 22.826 siswa, 402 SD/sederajat dengan 12.039 siswa, dan 123 SMP/sederajat dengan 13.535 siswa. (RAA)