Refleksi untuk Perbaikan Kualitas Diri, Dinas Dikpora Kabupaten Bantul Selenggarakan Evaluasi Kinerja Tahun 2023

DIKPORABANTULNEWS - Sepanjang tahun 2023, prestasi demi prestasi berhasil diraih oleh Dinas Dikpora Kabupaten Bantul, baik pencapaian OPD, satuan pendidikan, pendidik, maupun peserta didik. Dibalik berbagai prestasi gemilang yang ditorehkan, selalu ada ruang perbaikan yang perlu dieksplorasi untuk mewujudkan Dinas Dikpora sebagai OPD yang semakin unggul. Sebagai wujud komitmen yang tinggi tersebut, maka pada hari Selasa dan Rabu (7 dan 8 November 2023), Keluarga Besar Dinas Dikpora Kabupaten Bantul menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Kinerja Dinas Dikpora Kabupaten Bantul Tahun 2023. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Griya Persada Bandungan ini, diikuti oleh seluruh Pejabat dan Staf Dinas Dikpora Kabupaten Bantul. 

 

Kegiatan Evaluasi Kinerja Dinas Dikpora Kabupaten Bantul Tahun 2023 dibuka oleh sambutan dari Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul, Drs. Isdarmoko, M.Pd., M.M.Par. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul memaparkan berbagai prestasi demi prestasi yang diraih oleh Dinas Dikpora Kabupaten Bantul.

 

“Bapak/Ibu sepanjang tahun 2023 ini kita mendapatkan banyak sekali prestasi membanggakan. Mulai dari Ombudsman RI, Komisi Informasi Daerah, Ajang Peparpeda dan Popda, OSN, O2SN, dan lain-lain. Sungguh kita bersyukur, segala jerih lelah kita satu per satu terbayarkan”, ujar Isdarmoko.

 

Meskipun begitu, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul berpesan kepada seluruh hadirin untuk tidak cepat berpuas diri dengan hasil yang didapatkan ini.

 

“Euforia dan kebahagiaan hendaknya tidak menjadikan kita lupa diri. Mari buang jauh-jauh rasa puar, melainkan kita harus semakin haus untuk menuntaskan berbagai ruang perbaikan yang masih bisa kita eksplorasi. Kita akan menuju OPD berbasis ISO dan menjadikan Dinas Dikpora OPD yang berpredikat anti korupsi”, tegasnya.

 

Selanjutnya kegiatan Evaluasi Kinerja Dinas Dikpora Kabupaten Bantul Tahun 2023 juga turut disambut oleh Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bantul, Suratman. Dalam sambutannya Suratman mengaminkan sambutan yang diberikan oleh Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul. Suratman berpendapat, Kabupaten Bantul perlu memfokuskan arah pembangunan pendidikan kepada perbaikan dan pemenuhan sarana prasarana yang layak bagi satuan pendidikan dan peserta didik.

 

“Mari kira berefleksi. Bagaimana bisa seorang anak belajar di bawah atap kelas yang rawan runtuh, tembok sekolah yang sudah retak, dan ruang kelas yang tergenang air hujan karena atapnya bocor? Mari kita kembali ke persoalan dasar yang masih banyak kita temui ini. Mari kita akses berbagai sumber daya yang secara hukum dapat kita akses bagi anak-anak kita dan kondisi sekolah-sekolah kita yang beberapa masih memprihatinkan”, pungkas Suratman.

 

Evaluasi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik bagi Dinas Dikpora untuk menutup tahun 2023 dan menyongsong tahun 2024. Evaluasi hanya akan sekedar menjadi sebuah program, tanpa adanya tindak lanjut yang terus-menerus dan berkesinambungan. (RAA)