PPDB 2024, Hajatan Masyarakat Bantul Yang Perlu Dipersiapkan Secara Matang

DIKPORABANTULNEWS - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru dari tahun ke tahun sudah pasti menjadi perhatian berbagai pihak. Tidak salah apabila kita menganggap bahwa PPDB merupakan hajatan besar tahunan yang dinanti oleh masyarakat. Dalam rangka mewujudkan harapan masyarakat terhadap semakin baiknya pelaksanaan PPDB, Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul pada hari Jumat (05/04/2024) menyelenggarakan Kegiatan Pencermatan Petunjuk Teknis PPDB Tahun 2024. Dinas Dikpora Kabupaten Bantul mengundang berbagai macam pihak, termasuk mitra-mitra Dinas Dikpora, agar Juknis yang dihasilkan benar-benar dapat diterima oleh sebanyak-banyaknya masyarakat dan dirasakan manfaatnya bagi khalayak luas. Adapun beberapa pihak yang diundang dan hadir antara lain, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bantul, Suratman, S.T., Perwakilan BPMP DIY, Ombudsman RI Perwakilan DIY, Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul, Ketua LOD, Ketua Sarang Lidi, Ketua FORPI Bantul, Ketua Komite Disabilitas Provinsi DIY, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Bantul, Telkom, dan seluruh pejabat struktural Dinas Dikpora Kabupaten Bantul.

 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul, Nugroho Eko Setyanto, S.Sos., M.M. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa Juknis PPDB Tahun 2024 ini telah dipersiapkan secara matang dan tidak begitu banyak perubahan dari aturan PPDB tahun sebelumnya.

 

“PPDB Tahun 2024 ini ada perubahan cukup besar yaitu di jalur zonasi PPDB SMP, dimana tahun ini kita akan menerapkan zonasi berdasarkan zonasi padukuhan. Setiap satuan pendidikan akan menjadi episentrum pembagian zona 1, 2, 3, 4, dan 5. Sehingga dimungkikan akan ada irisan-irisan padukuhan yang dapat masuk ke beberapa sekolah. Tujuannya agar proses PPDB berjalan dinamis dan semangat zonasi yaitu mendekatkan tempat tinggal peserta didik dengan sekolah yang dicanangkan pemerintah pusat dapat dilaksanakan”, jelasnya.

 

Kegiatan ini berlangsung secara lancar dan banyak sekali perbaikan demi perbaikan positif yang berasal dari masukan berbagai pihak yang hadir. PPDB yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juni 2023 kita harapkan akan berjalan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. (RAA)