Pengimbasan Bimbingan Teknis Inklusi Nasional Tahun 2022

DIKPORABANTULNEWS - Pada Hari Kamis (01/09/2022) Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bantul memfasilitasi Rapat Koordinasi Asosiasi PAUD Inklusi Kabupaten Bantul dalam tajuk acara Pengimbasan Bimbingan Teknis Inklusi Nasional Tahun 2022. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Ruang Rapat Dinas Dikpora Kabupaten Bantul Gedung A lantai 1 dan diikuti oleh 40 satuan yang tergabung sebagai Asosiasi PAUD Inklusi Kabupaten Bantul.

 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka tindak lanjut Bimbingan Teknis Inklusi Nasional Angkatan V Tahun 2022, dimana Kabupaten Bantul mendapatkan kesempatan untuk menerima Bantuan BOP PAUD ABK sekaligus menjadi peserta bimbingan teknis tersebut melalui lima satuan terpilih yang telah mengajukan proposal bantuan BOP-ABK ke Direktorat PAUD. Lima satuan tersebut diantaranya KB Bunga Bangsa, SPS Nusa Indah, TK ABA Bandung, TK ABA Sekar Melati II, dan TK Tunas Pertiwi.

 

Kegiatan rapat koordinasi ini juga menjadi ajang satuan-satuan yang tergabung dalam Asosiasi PAUD Inklusi Kabupaten Bantul untuk saling bertukar pikiran dan berbagi pengalaman dalam menangani anak-anak inklusi. Seluruh peserta yang hadir berkomitmen untuk sama-sama membangun kualitas satuan PAUD di Kabupaten Bantul, utamanya dalam melayani peserta didik inklusi. Peserta yang hadir juga mempersiapkan diri untuk bersama-sama mengajukan bantuan BOP-ABK sesuai mekanisme yang ada pada Tahun 2023.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang PAUD dan PNF, Bapak Kodrad Untoro, S.Sos., yang turut memberikan arahan dan sambutan.
“Seluruh satuan PAUD yang telah berkomitmen masuk ke Asosiasi PAUD Inklusi harus secara sadar dan proaktif untuk menerima peserta didik yang berkebutuhan khusus. Bukan hanya berhenti di situ saja, satuan-satuan tersebut juga harus terus meningkatkan kemampuan dan kapasitas dalam menangani peserta didik inklusi tersebut.”