Pembukaan Tahun Ajaran Baru 2022/2023

DIKPORABANTULNEWS - Dalam rangka Pembukaan Tahun Ajaran Baru 2022/2023, maka pada hari Senin (11/07/2022), Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul menyelenggarakan Launching Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM),  Pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), dan Launching Aplikasi E-Moneter. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Ruang Mandala Saba, Gedung Induk Lantai III, Kompleks Kantor Bupati Bantul. Dalam kegiatan tersebut, hadir Bupati Bantul yang dalam kesempatan kali ini diwakili oleh Wakil Bupati Bantul, Bapak Joko Purnomo.

 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul, Drs. Isdarmoko, M.Pd., M.M.Par., melaporkan kepada Wakil Bupati bahwasanya kegiatan kali ini terdiri dari 2 (dua) agenda penting, yaitu Pembukaan Tahun Ajaran Baru 2022/2023 yang ditandai dengan MPLS, dan Launching IKM.

 

“Pembukaan Tahun Ajaran Baru 2022/2023 ditandai dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, dan diikuti oleh 38.719 Peserta Didik Baru yang terdiri dari TK 14.115, SD 11.923, dan SMP 12.681.”

 

Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul juga menyampaikan bahwasanya Satuan Pendidikan yang siap melaksanakan IKM secara mandiri sejumlah 974 Satuan Pendidikan, yang terdiri dari TK 453, SD 400, dan SMP 121.

 

Puncak dari kegiatan ini adalah sambutan sekaligus launching IKM, MPLS, dan Aplikasi E-Moneter oleh Wakil Bupati Bantul, Bapak Joko Purnomo. Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bantul berterimakasih kepada perjuangan Bapak/Ibu guru dalam menjaga generasi Bantul selama masa pandemi selama 2 (dua) tahun terakhir. Menurut Wakil Bupati Bantul, usaha dan kerja keras itu akan turut mendukung terwujudnya anak-anak Bantul yang cerdas, berakhlak mulia, dan berkepribadian Indonesia.

 

“Perubahan Kurikulum tentu saja membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak. Pemerintah Daerah sesuai kewenangannya, Dinas Dikpora, Sekolah, Orang Tua/Wali, dan masayarakat. Seluruh pihak harus bersinergi agar implementasi kurikulum dapat terlaksana dan tidak hanya menjadi wacana.”

 

Dalam kesempatan itu pula, Wakil Bupati Bantul juga berkesempatan untuk menyapa secara langsung perwakilan peserta kegiatan, yaitu TK Negeri Pembina Bantul, SD Putren, dan SMPN 1 Banguntapan.