Pastikan Database Valid, Dinas Dikpora Kabupaten Bantul Gandeng Pusat Data dan Informasi Kemendikbudristek Dalam Pelaksanaan PPDB Tahun 2023

DIKPORABANTULNEWS - Tahapan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2023 tidak lama lagi akan segera dimulai. Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul terus melakukan berbagai upaya untuk menjamin pelaksanaan PPDB tahun 2023 ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Oleh sebab itu, pada hari Senin (03/04/2023) menyelenggarakan Kegiatan Pencermatan Petunjuk Teknis PPDB Tahun 2023 bersama dengan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek, yang diwakili oleh L. Manik Mustiko Hendro. Hadir pula dalam pertemuan tersebut perwakilan Telkom DIY selaku pengembangan aplikasi dan seluruh pejabat struktural Dinas Dikpora Kabupaten Bantul. Selain itu Dinas Dikpora juga turut mengundang OPD Mitra yaitu Dinas Sosial dan Dinas Dukcapil untuk memaksimalkan pelaksanaan PPDB.

 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul, Drs. Isdarmoko, M.Pd., M.M.Par. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa PPDB Kabupaten Tahun 2023 telah dipersiapkan jauh-jauh hari, termasuk dalam penyempurnaan database seluruh peserta didik di Kabupaten Bantul. Hal ini sejalan dengan amanat Permendikbudristek No. 1 Tahun 2021.

 

“Kabupaten Bantul berkomitmen menjalankan Permendikbudristek No. 1 Tahun 202 dengan totalitas dan sungguh-sungguh. Sistem PPDB online ini akan terus kita perbaiki dan tingkatkan berdasarkan berbagai evaluasi dari tahun-tahun sebelumnya. Database yang valid, akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan merupakan sebuah dasar yang amat vital dan penting”, jelasnya.

 

Perwakilan Pusdatin Kemendikbudristek, L. Manik Mustiko Hendro, menjelaskan bahwa PPDB ini merupakan sebuah kegiatan yang akan sangat mendukung Peraturan Presiden mengenai satu data. Menurutnya, PPDB harus dilihat secara lebih luas dan menjadi momentum perbaikan data peserta didik di segala jenjang.

 

“PPDB jangan dilihat secara parsial. Database yang valid jangan hanya digunakan untuk pelaksanaan PPDB ini saja, namun harus terintegrasi dengan berbagai kegiatan. Maka, perbaikan data di vervalpd menjadi sangat penting”, pungkasnya.

 

Dalam kegiatan tersebut Dinas Dikpora Kabupaten Bantul menerima komitmen penuh dari Pusdatin Kemendikbudristek, Dinas Sosial, dan Dinas Dukcapil untuk turut mensukseskan PPDB Tahun 2023. (RAA)