MPLS 2024 : Momen Bersama Lawan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan

DIKPORABANTULNEWS - Pada hari Senin (15/07/2024) bertempat di Ruang Mandala Saba Komplek Parasamya, Dinas Dikpora Kabupaten Bantul menyelenggarakan Kegiatan Pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2024/2025. Kegiatan yang dilaksanakan melalui zoom dan kanal Youtube Bantul TV ini diikuti oleh seluruh satuan pendidikan di Kabupaten Bantul mulai dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMA/SMK/sederajat.

 

Dalam laporan pelaksanaan, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul menyampaikan bahwa MPLS merupakan upaya pengenalan lingkungan pembelajaran baru yang ramah dan nyaman bagi peserta didik.

 

“MPLS harus mencerminkan inklusifitas satuan pendidikan. Dimana satuan pendidikan menjadi tempat yang dapat mewadahi berbagai perbedaan peserta didik”, ujarnya.

 

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih. Bupati Bantul berkesempatan memberikan sambutan sekaligus pengarahan kepada seluruh satuan pendidikan dan peserta didik baru yang hadir dalam ruang daring.

 

“Anak-anakku, kalian ada calon pemimpin masa depan. Pemimpin masa depan harus berani berkata tidak kepada kekerasan, tawuran, narkotika, dan hal-hal yang tidak baik lainnya. Fokuskan diri kalian kepada pencapaian prestasi dan pergunakan waktu kalian untuk mengejar cita-cita”, tegasnya.

 

Dalam kesempatan ini juga disosialisasikan mengenai Sumbu Filosofi Sangkan Parang Dumadi oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul dan Gerakan Lapor Kekerasan Aman Perundungan (Geplak Madu) yang diinisiasi oleh Kepala Bidang SMP, Retno Yuli Astuti, M.Pd. (RAA)

 

Anda menemui kekerasan di satuan pendidikan, silahkan adukan di sini