Kenalkan Pentingnya Seni Sejak Dini, Dinas Dikpora Selenggarakan Diklat Bagi Pendidik PAUD

DIKPORABANTULNEWS - Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul bersama Pokja Ibu PAUD Kabupaten Bantul pada hari Rabu dan Kamis (19 - 20 Juni 2024) menyelenggarakan Kegiatan Diklat Peningkatan Kompetensi Pendidik Bersama Ibu PAUD Tahun 2024. Kegiatan yang bertempat di Ruang Bawal Putih, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul ini diikuti oleh 68 pendidik PAUD dari seluruh kapanewon di Kabupaten Bantul, mulai dari bentuk satuan TK, KB, SPS, dan TPA.

 

Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul, Nugroho Eko Setyanto, S.Sos., M.M. berkesempatan memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut. Nugroho mengutarakan bahwa dunia anak selayaknya dipenuhi dengan berbagai macam permainan dan kesenian yang membelajarkan. 

 

“Bapak/Ibu Pendidik PAUD, dunia anak usia dini memanglah dipenuhi permainan. Belajar sembari bermain, itulah yang perlu kita ketahui bersama. Prinsip ini harus kita pegang bersama agar kita mencetak generasi penerus yang akan berprestasi lebih daripada kita”, katanya.

 

Ketua Pokja Ibu PAUD Kabupaten Bantul, Dwi Pudyaningsih Joko Purnomo, S.Sn. dalam kesempatan yang sama menekankan bahwa seorang anak dikatakan cerdas bukan hanya ketika iya cakap secara kognitif, namun ada anak-anak yang cenderung memiliki keunggulan di bidang kesenian.

 

“Anak cerdas bukan hanya yang memiliki nilai matematika baik, atau ahli di bidang iptek, namun anak-anak kita yang mampu berkesenian juga merupakan anak yang berprestasi dan cerdas. Mari kita kembangkan dam memerdekakan mereka sesuai minat dan bakat mereka masing-masing”, jelasnya.

 

Adapun narasumber dalam kegiatan adalah Ibu PAUD Kabupaten Bantul, Hj. Emi Masruroh Abdul Halim Muslih, S.Pd., yang membawakan materi mengenai Menumbuhkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Kesenian, Bapak Setyoadi Purwanto, S.Pd.,M.Pd.I. (Kak Adi Kitana) dengan materi Cipta Kreasi Lagu Anak, dan Bapak Andi Purnawan Putra, S.Pd., M.Sn. dengan materi Teknik Menggambar Mudah Dengan Bentuk Sederhana. (RAA)