Dinas Dikpora Kabupaten Bantul Melaksanakan Pengimbasan Gerakan Transisi PAUD-SD Bersama Ibu PAUD Kabupaten Bantul

DIKPORABANTULNEWS - Pada hari Selasa (15/08/2023), Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul bersama Kelompok Kerja Ibu PAUD Kabupaten Bantul menyelenggarakan Kegiatan Bermain Bersama Ibu PAUD Tahun 2023 bertempat di TK IT Assalaam Sanden, Kapanewon Sanden. Kegiatan tersebut turut pula dihadiri oleh Ibu PAUD Kabupaten Bantul, Ibu Hj. Emi Masruroh Halim, S.Pd., Ketua Pokja Ibu PAUD Kabupaten Bantul, Ibu Dwi Pudyaningsih Joko Purnomo, S.Sn., Panewu Kapanewon Sanden, Ibu PAUD Kapanewon Sanden, Ibu PAUD Kalurahan Murtigading, pengurus Pokja Ibu PAUD Kabupaten Bantul, serta Forkompimkap Kapanewon Sanden. Kegiatan ini merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Dinas Dikpora Kabupaten Bantul dalam memfasilitasi Ibu PAUD Kabupaten Bantul untuk bertemu secara langsung dengan satuan pendidikan dan mendiseminasikan gerakan transisi PAUD-SD yang menyenangkan.

 

Kegiatan ini diawali dengan praktik pembuatan berbagai keterampilan peserta didik, seperti melukis, meronce, melipat, menggunting, dan lain sebagainya. Dilanjutkan dengan wisata kelas dan penampilan berbagai macam kesenian oleh peserta didik TK IT Assalaam Sanden. Kedatangan Ibu PAUD Kabupaten Bantul dan Tim Pokja Ibu PAUD Kabupaten Bantul disambut sukacita dan kegembiraan dari seluruh warga TK IT Assalaam Sanden.

 

Ketua Pokja Ibu PAUD Kabupaten Bantul, Ibu Dwi Pudyaningsih Joko Purnomo, S.Sn., dalam kesempatan tersebut memberikan kesannya terhadap kegiatan yang berlangsung meriah tersebut. Ketua Pokja Ibu PAUD Kabupaten Bantul memberikan apresiasi kepada TK IT Assalaam Sanden, kaitannya dengan tercerminnya implementasi kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran, sarana prasarana, dan sikap peserta didik TK IT Assalaam Sanden.

 

“Kami melihat TK ini dapat menjadi percontohan TK yang menerapkan kurikulum merdeka secara nyata. Setting pembelajaran dilakukan secara baik, dan hal ini berdampak pada output peserta didik yang memiliki karakter yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa ini", ujarnya.

 

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sambutan dan penguatan oleh Ibu PAUD Kabupaten Bantul, Ibu Hj. Emi Masruroh Halim, S.Pd. Dalam sambutannya, Ibu PAUD Kabupaten Bantul menggelorakan gerakan transisi PAUD-SD yang menyenangkan. Ibu PAUD mengambil contoh dari praktik baik yang beliau lihat sendiri dalam wisata kelas di TK IT Assalaam Sanden.

 

“Upaya yang dapat kita lakukan dalam kaitannya dengan implementasi gerakan transisi PAUD-SD yang menyenangkan dapat kita lihat sendiri di TK ini. Konsep moving class dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan namun berbobot, menjadikan kualitas pembelajarn yang ada di TK ini sejalan dengan nafas merdeka belajar yang akan berdampak pada kualitas peserta didik yang akan masuk ke jenjang selanjutnya (SD)", tandasnya.

 

"Pemerintah Pusat telah meluncurkan salah satu episode Merdeka Belajar yaitu, transisi PAUD-SD yang menyenangkan. Mari saya ajak kita semua turut andil dalam program tersebut dengan menempatkan pembelajaran sesuai tahap perkembangan peserta didik. Mari kita bersama mencelikkan pandangan masyarakat mengenai PAUD. PAUD adalah fondasi yang menjadi penentu arah kemana Kabupaten Bantul akan berjalan", pungkasnya. (RAA)