Cegah Kenakalan Remaja, Dinas Dikpora Kabupaten Bantul Selenggarakan Road Map Pendidikan Karakter

DIKPORABANTULNEWS - Fenomena kenakalan remaja yang akhir-akhir ini seringkali kita jumpai di berbagai platform media membuat berbagai pihak mencoba mencari solusi dan kiat-kiat untuk mengatas permasalahan tersebut. Berdasarkan hal tersebut, pada hari Selasa (12/09/2023) Dinas Dikpora Kabupaten Bantul melalui Bidang SMP menyelenggarakan Road Map Pendidikan Karakter dengan Tema Sekolah Anti Narkoba dan Anti Geng. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula SMP 1 Jetis ini diikuti oleh 95 peserta dan bekerjasama dengan BNN Kabupaten Bantul dan Polres Bantul sebagai pemateri utama.

 

Dalam sambutannya, Kepala Bidang SMP, Ibu Retno Yuli Astuti, M.Pd., menyampaikan bahwa satuan pendidikan secara langsung akan mendapat sorotan masyarakat apabila ada peserta didiknya yang melakukan tindak kenakalan remaja, sekalipun hal tersebut terjadi di luar jam sekolah yang notabene pengawasa anak sudah kembali kepada keluarga masing-masing.

 

“Bapak/Ibu, suka atau tidak suka, kenakalan remaja akan selalu dikaitkan dengan pendidikan karakter di sekolah. Sekolah memang seharusnya bukan hanya tempat penguasaan materi pelajaran, tapi juga sebagai tempat penempanaan karakter dan budi pekerti peserta didik”, kata Retno.

 

Dalam kegiatan tersebut disampaikan materi mengenai PG4N dan bahaya penyalahgunaan narkoba oleh BNN Kabupaten Bantul. Selain itu, pemateri dari Kasat Binmas Polres Bantul, Rumpoko, S.H. juga menyampaikan materi mengenai program Polres Bantul dalam menanggulangi kenakalan remaja sesuai dengan jenis dan bentuknya. (RAA)