Bekali Pendidik PAUD dalam Menghadapi Era Post Truth, Dinas Dikpora bersama DPC PP-PAUD Kabupaten Bantul Selenggarkan Seminar Pendidikan

DIKPORABANTULNEWS - Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul bersama DPC PP-PAUD Kabupaten Bantul pada hari Selasa (31/10/2023) menyelenggarakan Seminar Pendidikan DPC PP-PAUD Kabupaten Bantul Tahun 2023 dengan tema “Pendidikan Ana Usia Dini dalam menyongsong Era Post Truth”. Kegiatan yang bertempat di Ruang Bawal Putih, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul ini diikuti oleh 68 pendidik PAUD dari seluruh kapanewon di Kabupaten Bantul, mulai dari bentuk satuan TK, KB, SPS, dan TPA.

 

Ketua DPC PP-PAUD Kabupaten Bantul, Endang Pamungkasiwi Agus Budi Raharja, S.KM., M.Kes., yang menyampaikan laporan kegiatan, menegaskan tujuan seminar ini adalah untuk membekali pendidik PAUD dalam menanamkan kecerdasan literasi bagi anak usia dini. 

 

“Bapak/Ibu sekalian pendidik PAUD, kemajuan teknologi bagaikan dua sisi mata uang. Kecepatan memperoleh informasi dibersamai dengan makin cepatnya penyebaran berita kebohongan. Hal ini menyebabkan terjadinya perpecahan dan kekacauan di berbagai tempat. Oleh sebab itu kita wajib memiliki kecerdasan literasi dan juga kita berikan kemampuan ini kepada peserta didik kita", ujar Endang. 

 

Ibu PAUD Kabupaten Bantul, Hj. Emi Masruroh Halim, S.Pd. yang hadir juga turut memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Ibu PAUD Kabupaten Bantul menyampaikan bahwa secara sadar atau tidak, kita telah memasuki era Post Truth yang harus disikapi dengan bijak oleh setiap orang.

 

“Secara sadar atau tidak, era post truth telah kita jalani saat ini. Era dimana batas antara kebenaran dan kebohongan menjadi sangat tipis. Mari kita bayangkan apabila sebuah berita bohong disebarkan kepada generasi yang literasinya rendah? Oleh sebab itu kami mengajak seluruh pihak, dalam hal ini pendidik PAUD untuk berjuang bersama meningkatkan dan mengembangkan kemampuan literasi bagi anak-anak kita. Situasi darurat ini akan menentukan masa depan bangsa kita, lebih khusus Kabupaten Bantul,”, tegas Emi.

 

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul yang diwakili oleh Yulius Suharta, S.Sos., M.Si. Dalam sambutannya, Bapak Suharta merasakan antusiasme dan kegembiraan dalam acara seminar kali ini. 

 

“Ketika saya hadir di sini saya merasakan energi positif dari Bapak/Ibu sekalian. Hal ini menjadi modal awal bagi kita semua untuk berjuang memenangkan anak-anak kita melewati dan nenghadapi era post truth. Kemampuan literasi dan numerasi harus ditanamkan dengan cara dan metode yang tepat bagi anak usia dini. Oleh sebab itu pada hari ini kita menghadirkan narasumber yang sangat hebat dalam bidang ini", tegas Suharta.

 

Adapun narasumber dalam kegiatan adalah Dwi Widiyanti, S.S., M.Hum. dari BPMP DIY. Adapun materi yang disampaikan antara lain Literasi HOTS dan Numerasi HOTS. (RAA)