Berita

Acara Syawalan Virtual Idul Fitri 1442 H Bersama Gubernur dan Wakil Gubernur DIY

Selasa Pon, 1 Juni 2021 22:37 WIB 149

foto

DIKPORABANTULNEWS - Pada Hari Senin (31 Mei 2021), Dinas Dikpora Kabupaten Bantul mengikuti kegiatan Syawalan Virtual Idul Fitri 1442 H Gubernur dan Wakil Gubernur DIY. Hadir pada kesempatan kali ini, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul, Bapak Drs. Isdarmoko, M.Pd., M.M.Par. Hadir pula Plt. Sekretaris Dinas Dikpora Kabupaten Bantul, sekaligus Kepala Bidang PAUD dan PNF, Ibu Tatik Windari, S.Sos., M.S.E., Kepala Bidang PTK, Ibu Kartika Cahyani, S.H., M.Hum., Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Bapak Drs. Joko Surono, dan Kepala Bidang SD, Bapak Drs. Edy Sutrisno, M.Pd. Turut hadir pada kesempatan tersebut, Koordinator Pengawas, Koordinator Penilik, Ketua MKKS, Ketua IGTKI, dan Ketua HIMPAUDI.

 

Acara Syawalan Virtual Idul Fitri 1442 H Gubernur dan Wakil Gubernur DIY dibuka dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pertunjukkan tarian Mangayu-Ayu dari Dinas Kebudayaan DIY. Pada kesempatan ini juga dikumandangkan Ikrar Syawalan oleh Seluruh Bupati dan Walikota di Provinsi DIY yang diwakili oleh Walikota Yogyakarta Bapak Haryadi Suyuti yang menekankan tentang semangat mewujudkan Jogja Istimewa ditengah pandemi saat ini. Ada pula ucapan yang diberikan oleh Kementerian di tingkat pusat, antara lain Kementerian Sekretariat Negara yang diwakili oleh Menteri Sekretaris Negara, Bapak Dr. Drs. Pratikno, M.Soc.Sc., dan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan yang diwakili oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Bapak Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., M.I.P.

 

Puncak dari Acara Syawalan Virtual Idul Fitri 1442 H Gubernur dan Wakil Gubernur DIY adalah Sambutan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Dalam sambutannya, Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengkubuwono X, menekankan konsep kebenaran universal yang mengedepankan etika dan kemanusiaan sebagai pemaknaan terdalam dari tauhid sesuai ajaran elementer Islam yaitu Rahmatan Lil Alamin (Berkah bagi seluruh alam semesta). Ngarsa Dalem juga mengutarakan bahwa sesungguhya manusia adalah khalifah diatas bumi bukannya pesakitan yang diburu, menerima arti penting manusia merupakan makna Idul Fitri yang sebenarnya.

 

Acara Acara Syawalan Virtual Idul Fitri 1442 H Gubernur dan Wakil Gubernur DIY ditutup oleh Ucapan Syawalan dari Perwakilan Masyarakat, Perwakilan Guru dan Tenaga Kependidikan, Tenaga Kesehatan, Kelompok Petani dan Nelayan yang diwakili oleh masing-masing Kabupaten dan Kota di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.